Tak Perlu Khawatir, Daop 8 Surabaya Operasikan Puluhan KA Tambahan Selama Libur Kenaikan Isa Almasih

SURABAYA,Tikta.id - Libur panjang memperingati Kenaikan Isa Almasih, mulai Kamis (9/5) hingga Minggu (12/5), KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 47 perjalanan kereta api (KA), yang terdiri dari 43 KA jarak jauh regular, 3 KA jarak jauh tambahan, dan 1 KA lokal komersial tambahan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan bahwa KAI siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan transportasi KA dalam melakukan mobilisasi aktifitas selama libur panjang tersebut, dengan mengoperasikan 47 perjalanan KA dengan jumlah tempat duduk sebanyak 27.118 setiap harinya.

Baca Juga: 51.872 Pelanggan Berangkat dari Daop 8 Surabaya

"Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," kata Luqman.

Dikatakannya, transportasi kereta api memiliki beberapa keunggulan dibanding transportasi darat lainnya. Seperti faktor keselamatan pelanggan, keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu, hingga mengurangi kemacetan dan potensi kecelakaan di jalan raya.

Adapun KA jarak jauh dan KA lokal komersial tambahan di Daop 8 Surabaya yang beroperasi pada 9-12 Mei 2024 antara lain :

Baca Juga: Arus Mudik Lebaran 2024 KAI Daop 8 Surabaya Oprasikan 11 Kereta Tambahan

1. KA Malioboro Ekspres relasi Malang - Purwokerto,
2. KA Malabar relasi Malang - Bandung,
3. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta,
4. KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng - Malang PP.

Luqman menyebut berdasar data milik Daop 8 Surabaya, ada sebanyak 59.324 pelanggan yang berangkat dari Daop 8 Surabaya pada Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5). Jumlah okupansi pelanggan tersebut masih akan meningkat seiring penjualan tiket masih berlangsung.

KAI pun mengimbau bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi KA agar segera melakukan pemesanan tiket, sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan.

Baca Juga: KAI Buka Penjualan Tiket Kereta Api Periode Angkutan Lebaran 2024

"Namun apabila KA dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan mengkombinasikan jadwal kereta api yang bersifat pesambungan," terangnya.

Terkait informasi lebih lanjut seputar perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Editor : Redaksi