Pensiun Bahagia Bekali dengan Pelatihan Keterampilan

TIKTA.id, Jember – Bagi para anggota baik Polri maupun PNS pada Polri yang menghadapi masa pensiun, Polda Jawa Timur menggelar pembekalan dan pelatihan keterampilan di Jember.

Acara ini diikuti oleh anggota Polri dan PNS Polri dari berbagai satuan, termasuk Polresta Banyuwangi, Polres Probolinggo, Polres Probolinggo Kota, Polres Lumajang, Polres Bondowoso, Polres Situbondo, Polres Jember, RS Bhayangkara Lumajang, dan RS Bhayangkara Bondowoso.

Baca Juga: Ditlantas Polda Jatim Gelar Lomba Polisi Cilik

Kegiatan yang mengusung tema "Siap Pensiun Bahagia" ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 16 hingga 17 Mei 2024 di Aula Hotel Luminor, Jl. KH Agus Salim Tegal Besar, Jember. 

Mewakili Kapolda Jatim, Irjen. Pol Imam Sugianto acara dibuka oleh Karo SDM, Kombes Pol Harry Kurniawan

Dalam sambutannya, Karo SDM menyampaikan pentingnya pembekalan dan pelatihan ini sebagai bagian dari persiapan menghadapi masa pensiun bagi anggota Polri dan PNS Polri.

Selain itu kegiatan pembekalan Polda Jatim ini diselenggarakan di 5 lokasi dengan jenis latihan ketrampilan yang berbeda, disesuaikan dengan karateristik perekonomian kewilayahan.

“Saat ini Polres Jember ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan latihan dengan harapan dapat memberikan kontrubusu bagi wilayah lainnya dalam menjalin kemitraan berwirausaha,” kata Kombes Pol Harry

Dikatakan oleh Kombes Pol Harry, Polda Jatim berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan fasilitas terbaik bagi anggotanya dalam menghadapi berbagai fase kehidupan, termasuk masa persiapan pensiun

Pada kesempatan yang sama, Kabag SDM Polres Jember, Kompol Nurmala menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi, inspirasi, tips, dan pencerahan dalam membangun pikiran positif. 

“Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta, baik anggota Polri maupun PNS Polri, mendapatkan gambaran dan acuan yang jelas, terutama bagi mereka yang akan memasuki masa persiapan pensiun," ujar Kompol Nurmala.

Baca Juga: Gandeng Mahasiswa Polri Gelar Dialog Kebangsaan

Dalam pembekalan dan pelatihan ini, peserta diberikan berbagai materi yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan wawasan.

Diharapkan nantinya dapat membantu dalam menjalani masa pensiun dengan lebih produktif dan bermakna. 

Materi yang disampaikan meliputi manajemen keuangan, kesehatan mental dan fisik, serta keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah pensiun.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, memberikan sesi motivasi dan inspirasi untuk mempersiapkan mental dan fisik para peserta. 

"Kita ingin memastikan bahwa para peserta merasa siap dan memiliki rencana yang jelas untuk masa depan mereka, setelah menyelesaikan masa tugas di Polri," tambah Kompol Nurmala.

Baca Juga: Polda Jatim Libatkan Tim Trauma Healing dan Psikiater Untuk Tersangka Briptu FN

Acara ini juga diwarnai dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif, di mana peserta dapat berbagi pengalaman dan memperoleh jawaban langsung dari para narasumber. 

Hal ini diharapkan dapat menambah wawasan dan memberikan solusi praktis bagi peserta dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

Peserta yang hadir menyambut baik kegiatan ini dan mengungkapkan apresiasi mereka terhadap Polda Jatim dan Polres Jember yang telah menyelenggarakan acara yang bermanfaat ini. 

Dengan adanya kegiatan pembekalan dan pelatihan ini, diharapkan anggota Polri dan PNS Polri dapat memasuki masa pensiun dengan kesiapan mental dan keterampilan yang memadai, sehingga tetap produktif dan bermanfaat bagi keluarga serta masyarakat. 

Editor : Redaksi