Kodiklatal Menggelar Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal 

TIKTA.id, Surabaya - Wakil Komandan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal di Kodiklatal TA 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Mako Kodiklatal Bumimoro Surabaya.

Baca Juga: Jalasena Panahan Kodiklatal Juara Umum Kasal Cup Archery Championship 2024

Dalam sambutan Komandan Kodiklatal yang dibacakan Wadan Kodiklatal mengatakan, rangkaian kegiatan audit kinerja dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei hingga Juni 2024, untuk menilai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran TA 2023.

Meliputi laporan pelaksanaan 10 komponen pendidikan, perbekalan, pengadaan barang/jasa, tata kelola BMN, pembinaan personel serta pelaksanaan reformasi birokrasi di jajaran Kodiklatal.

 "Melalui audit kinerja yang akan dilaksanakan di Kodiklatal oleh Itjenal selaku APIP TNI AL saat ini, saya mengharapkan adanya evaluasi secara objektif baik secara organisasi, program, fungsi serta kegiatan di lingkungan TNI AL khususnya Kodiklatal, sehingga kegiatan audit kinerja ini akan memberikan keyakinan atae informasi yang dilaporkan mengenai hasil program dan kegiatan dalam pengendalian intern di organisasi TNI AL", jelas Dankodiklatal, Selasa (21/5).

Baca Juga: Penutupan Archery Championship Kasal Cup 2024. Ini Para Jawaranya 

Sementara itu, Irjenal Laksda TNI Rubiyanto, yang di wakili Wairjenal Laksma TNI Fransiskus Sugeng Rianto mengatakan, dalam taklimat awalnya, berdasarkan PP No 60 tahun 2008 Pasal 50 Ayat 2, Audit Kinerja merupakan audit atas pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas aspek kehematan, efisiensi dan efektifitas.  

"Kegiatan audit itjenal Tahun Anggaran 2024 dilaksanakan berdasarkan Program Kerja Pengawasan Tahunan atau PKPP Itjenal Tahun 2024 dengan jadwal pelaksanaan audit mulai tanggal 20 Mei s.d. 6 Juni 2024", terangnya.

Baca Juga: Fun Archery Ajang Salurkan Bakat Memanah

"Tujuan dari audit kinerja di Kodiklatal adalah untuk menilai efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan Program Kerja dan Anggaran yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan guna memberikan keyakinan memadai sehingga tugas pokok dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis", jelas Irjenal.

Sebelumnya, Wairjenal beserta Tim Audit Itjenal melaksanakan Courtesy Call (CC) dengan Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah beserta Pejabat Utama Kodiklatal bertempat di ruang transit VIP Mako kodiklatal Bumimoro Surabaya. 

Editor : Redaksi