SURABAYA,Tikta.id - Hotel Management PCU (Petra Christian University) dan Apkrindo (Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia) saling berkolaborasi gelar kegiatan bersama bertajuk End-of Year Gathering: Embracing 2024, di Amphiteater Gedung Q kampus PCU, pada Rabu (6/12).
Perkiraan tren bisnis kuliner yang dapat diantisipasi pada tahun 2024 sangat penting, baik oleh para pebisnis kuliner maupun institusi pendidikan khususnya yang bergerak di bidang kuliner seperti Hotel Management PCU.
“Nantinya kami akan membahas mulai pentingnya branding dan tren di sosial media. Lalu juga akan diberikan pemahaman bahwa ada perubahan dalam preferensi konsumen khususnya Gen Z, inovasi produk. Hingga bagaimana strategi pemasaran dalam industri kuliner,” kata Deborah C. Widjaja selaku Head of Hotel Management PCU.
Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi seminar. Sesi pertama yang diberi judul “Reading the Future: Culinary Business Projections for 2024”. Selama 45 menit, Astrid Bella, Senior Creative Social Bread – Social Media Agency membahas mengenai prediksi strategi branding di social media yang efektif untuk tahun 2024.
Dilanjutkan seminar kedua pada pukul 11.00 WIB dibawakan oleh Deborah dari Hotel Management PCU. Mengangkat tema tentang “Generation Z Unwrapped: Dive into Their World”. Deborah merinci, pemaparannya merupakan awal atau pengenalan terhadap topik penelitian dari PCU.
“Bagaimana sih karakteristik dan ciri khas generasi Z secara umum. Mulai membahas tren sosial, teknologi hingga nilai-nilai yang dipegang Gen Z ini. Jadi nanti kita akan tahu, apakah bagaimana selera konsumen khususnya Gen Z terhadap persaingan pasar. Semoga dengan adanya kegiatan ini para peserta akan dapat memahami bagaimana perkembangan generasi Z dapat mempengaruhi budaya, teknologi, dan tuntutan bisnis khususnya di restoran,” rinci Deborah.
Kegiatan ini dihadiri oleh banyak kalangan mulai dari pemilik restoran atau kafe, supplier atau vendor hingga dosen PCU. Apkrindo sendiri dengan Hotel Management PCU telah menjalin kerja sama mulai tahun lalu. Banyak hal kolaborasi yang telah dilakukan.
Diantaranya peluang magang dan rekrutmen bagi mahasiswa Hotel Management di komunitas Apkrindo sehingga bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Sementara itu, rencananya Hotel Management PCU memberikan wawasan berharga kepada pelaku bisnis kuliner melalui riset-riset yang mereka lakukan, menjawab berbagai tantangan di industri, seperti perubahan perilaku generasi Z baik dari segi konsumen maupun karyawan yang berdampak pada tingkat loyalitas.
“Dengan informasi ini, diharapkan pelaku bisnis kuliner dapat mengembangkan strategi dan taktik bisnis yang lebih efektif,” tutup Deborah.
Baca Juga: Pertukaran Budaya, Mahasiswa Jepang Ikuti Study Tour di PCU
Editor : Redaksi