Songsong Pemilu 2024 Polrestabes Surabaya Simulasi Pengamanan TPS

Simulasi pengamanan TPS
Simulasi pengamanan TPS

SURABAYA,Tikta.id - Kapolrestabes Surabaya memimpin langsung Apel Kesiapan Personil dan Simulasi Pengamanan TPS bertempat di Lapangan Apel Polrestabes Surabaya, Jumat (19/1). 

Apel diikuti oleh seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan TPS baik dari Polrestabes Surabaya maupun Polsek Jajaran.

Baca Juga: Diduga Akan Eedarkan Puluhan Poket Sabu, Polrestabes Surabaya Amankan Satu Pria

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi beserta staf dan jajarannya. Tidak hanya pelaksanaan apel kesiapan personil, namun pada hari ini juga dilakukan Simulasi Pengamanan TPS yang diperagakan langsung oleh Petugas dari KPU Kota Surabaya, Bersama Anggota Polrestabes Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya.

Dalam arahannya, Kapolrestabes Surabaya menyatakan bahwa kegiatan Apel ini sebagai upaya pengecekan kesiapan personil sekaligus teknis tahapan pengamanan yang perlu diketahui oleh seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan TPS.

Memasuki tahapan kampanye rapat umum, mulai tanggal 20 Januari 2024 mendatang, Kapolrestabes Surabaya mengingatkan seluruh personil untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dinamika yang tentunya semakin meningkat. Puncaknya pada tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara.

Melalui kegiatan Apel kesiapan ini pula diharapkan setiap personil yang terlibat mengetahui pola pengamanan dan cara bertindak pengamanan TPS yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di KPU Surabaya, Polrestabes Terjunkan Ratusan Personel 

Terdapat 6.532 TPS diantaranya ada 75 TPS yang rawan, 6.457 TPS yang kurang rawan dengan pelibatan personil sebanyak 1.100 Personil. Dalam pola pengamanan TPS, Mabes Polri sudah menetapkan pola pengamanan untuk TPS Rawan 1 Polri : 1 TPS : 2 Linmas. Sedangkan, untuk TPS yang kurang rawan dengan perbandingan 2 Polri : 16 TPS : 32 Linmas.

"Prediksi gangguan kamtibmas yang perlu diantisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, aksi pengerusakan, aksi kriminalitas, dan aksi tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung," tutur Kombes Pol Pasma.

Agar kondusifitas kamtibmas tetap terjaga dan terpelihara, Polri dituntut untuk terus bekerja keras dan bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Datangi KPU Surabaya, AMI Minta Klarifikasi Dugaan Oknum Caleg Gunakan Ijazah SMP

"Kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh panitia dan peserta yang telah terlibat. Kegiatan ini merupakan wujud upaya kita bersama dalam melaksanakan Pengamanan Pemilu serentak 2024 guna menciptakan Pemilu yang Aman, Lancar, Damai dan kondusif," pungkas Kombes Pol Pasma.

Usai penyampaian amanat dari Kapolrestabes Surabaya, seluruh personil pengamanan TPS disuguhkan dengan Simulasi Pengamanan TPS yang memperlihatkan tahapan pemungutan suara dan tahapan penghitungan suara lengkap dengan skenario-skenario yang telah dipersiapkan guna memberikan gambaran teknis dan cara bertindak di lapangan yang tepat yang bisa dilakukan oleh pertugas pengamanan TPS dibantu dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Editor : Redaksi