Tangkal Hoaks di Medsos, JAPELIDI Bikin Pelatihan Kolaboratif Anak Muda Kreatif

Pelatihan Kolaboratif Anak Muda Kreatif
Pelatihan Kolaboratif Anak Muda Kreatif

TIKTA.id, Surabaya - Jaringan Pegiat Literasi Digital (JAPELIDI) menggelar pelatihan memberdayakan anak muda untuk melawan misinformasi di media sosial atau medsos.

Pelatihan digelar di di Gedung ASEEC Universitas Airlangga, pada Sabtu (25/5).

Baca Juga: Soal Video Viral KPPS Dianiaya di Madura, Polda Jatim: Itu Hoaks

Acara dimulai dengan sambutan Ketua Program JAPELIDI dan dilanjutkan dengan sesi-sesi penting seperti pemahaman misinformasi oleh Catur Suratnoaji.

Adapun pengenalan alat deteksi misinformasi dilakukan oleh Nur’anna Farni Syam Maella, dan cara menggunakan alat tersebut oleh Dimas Prakoso. 

Sedangkan untuk sesi siang membahas kolaborasi dalam melawan hoaks yang dipimpin oleh Nurhana Marantik, dan merancang kampanye bersama oleh Dimas Prakoso.

Baca Juga: Polri Buka Suara Terkait Beredarnya Video Ketidaknetralan Kapolri

Amanda Gelgel Ketua Japelidi mengatakan, pelatihan hasil kolaborasi dengan AMCOR Unair untuk mengembangkan keterampilan dalam mengidentifikasi dan menangkal hoaks secara online.

"Pelatihan Ini adalah tahun ketiga program japelidi dengan my america menunjukkan kekuatan anak muda dalam melawan misinformasi dengan alat dan pengetahuan yang tepat," kata Amanda 

Baca Juga: PWI Ngawi Tolak Black Campaign

Sebagai informasi: JAPELIDI adalah jaringan pegiat literasi digital yang berdedikasi untuk mempromosikan penggunaan media digital yang bertanggung jawab. 

Melalui program dan lokakarya, JAPELIDI berupaya melawan misinformasi dan membangun masyarakat yang melek digital.

Editor : Redaksi